ISO CERTIFICATION

ISO CERTIFICATION
ISO adalah organisasi Internasional untuk Standardisasi (International Organization for Standardization) dan disingkat ISO. ISO adalah badan penetap standar internasional yang terdiri berasal dari wakil-wakil berasal dari badan standardisasi nasional tiap tiap negara. Sebelum menjadi nama ISO terhadap awalnya instansi selanjutnya bernama IOS. Tetapi saat ini lebih sering mengfungsikan singkatan ISO, gara-gara di dalam bahasa Yunani isos berarti mirip (equal). Penggunaan ini sanggup dicermati terhadap kata isometrik atau isonomi.
Lembaga ISO Didirikan terhadap 23 Februari 1947, Lembaga ISO memastikan standar-standar industrial dan komersial dunia. ISO awalnya dibentuk untuk mengakibatkan dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja. Standar yang sudah kami kenal antara lain standar tipe film fotografi, ukuran kartu telepon, kartu ATM Bank, ukuran dan ketebalan kertas dan lainnya Apa Itu ISO 22000 .
Dalam memastikan suatu standar selanjutnya mereka menimbulkan wakil anggotanya berasal dari 130 negara untuk bersama-sama mengkaji standarisasi di dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG).
Meski ISO adalah organisasi nonpemerintah, kemampuannya untuk memastikan standar yang sering menjadi hukum lewat persetujuan atau standar nasional membuatnya lebih berpengaruh daripada umumnya organisasi non-pemerintah lainnya.
Dalam prakteknya ISO menjadi konsorsium dengan pertalian yang kuat dengan pihak-pihak pemerintah. Peserta ISO termasuk satu badan standar nasional berasal dari tiap tiap negara dan perusahaan-perusahaan besar.
ISO bekerja mirip dengan Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) yang bertanggung jawab terhadap standardisasi peralatan elektronik.
Penerapan ISO di suatu perusahaan berguna untuk:
Meningkatkan citra perusahaan
Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
Meningkatkan efisiensi kegiatan
Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act)
Meningkatkan penataan terhadap keputusan aturan perundang-undangan di dalam hal pengelolaan lingkungan
Mengurangi risiko usaha
Meningkatkan daya saing
Meningkatkan komunikasi internal dan pertalian baik dengan bermacam pihak yang berkepentingan
Mendapat keyakinan berasal dari konsumen/mitra kerja/pemodal
Jenis ISO
Ada banyak tipe ISO meliputi: biro jasa pengurusan halal Jakarta
ISO 9001 (Quality Management System)= Sistim Manajemen Mutu
ISO 14001 (Environment Management System) = Sistim Manajemen Lingkungan
OHSAS 18001 ( Occupational Health plus Safety Management System) = Sistim Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja/ K3)
APA ITU ISO 9001?
ISO 9001 adalah suatu standar internasional untuk Sistem Manajemen Kualitas. ISO 9001 memastikan persyaratan-persyaratan dan wejangan untuk desain dan penilaian berasal dari suatu Sistem Manajemen Kualitas, yang memiliki tujuan untuk menanggung bahwa organisasi bakal memberikan product (barang dan atau jasa) yang memenuhi kriteria yang ditetapkan.
Persyaratan-persyaratan yang ditetapkan ini sanggup merupakan kebutuhan tertentu berasal dari pelanggan, di mana organisasi yang dikontrak itu bertanggungjawab untuk menanggung mutu berasal dari produk-produk tertentu, atau merupakan kebutuhan berasal dari pasar tertentu, sebagaimana ditentukan oleh organisasi.
ISO 9001 bukan merupakan standar produk, gara-gara tidak menyatakan persyaratan- kriteria yang mesti dipenuhi oleh product (barang dan/atau jasa). Tidak tersedia kriteria penerimaan product dalan ISO 9001, sehingga kami tidak sanggup menginspeksi suatu product terhadap standar-standar produk.
ISO 9001 hanya merupakan standar Sistem Manajemen Kualitas. Dengan demikianlah sekiranya tersedia perusahaan yang mengiklankan bahwa produknya sudah memenuhi standar internasional, merupakan hal yang keliru dan keliru, gara-gara seyogianya manajemen perusahaan hanya boleh menyatakan bahwa Sistem Manajemen Kualitasnya yang sudah memenuhi standar Internasional, bukan product berstandar internasional, gara-gara tidak tersedia kriteria pengujian product di dalam ISO 9001. Bagaimanapun diharapkan meskipun tidak selelu, bahwa product yang dihasilkan berasal dari suatu Sistem Manajemen Kualitas Internasional bakal berkualitas baik (standar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *